Toyota Yaris Berikan Ancaman di WRC 2017

Toyota-Yaris-WRC

Meski tidak tampak selama 18 tahun dalam kompetisi World Rally Championship (WRC) tidak membuat Toyota tinggal diam untuk bisa menghadapi lawan-lawannya.  Hal tersebut, telah dibuktikan oleh driver Jari-Matt Latvala dan co-driver Miikka Antilla yang memberikan kemenangan. Dimana mereka memliki titel juara sebagai pengemudi dan asisten pengemudi Rally Sweden ke 65 pekan lalu.

Ini merupakan kemenangan yang pertama bagi Toyota di ajang WRC 2017 sejak terakhir juara dunia karena driver yang bernama Didier Auriol mampu menaklukan seri ke 3 di China Rally di tahun 1999. Kombinasi diantara driver dan asistennya dan mobil Toyota Yaris WRC 2017 yang kini telah bernaungkan dengan tim Toyota GAZOO Racing WRC. Dimana mampu memberikan ancaman bagi para pesaing yang mengikuti rally kelas dunia.

Untuk Volkswagen ? Itu, bukan suatu ancaman, mereka sudah angkat kaki dari WRC karena kekurangan dana dalam penyelesaian masalah dieselgate.

Toyota-Yaris-WRC
kemenangan pertama bagi toyota yaris selama 18 tahun

Toyota Siap Geser Citroen dan Hyundai di WRC

Diajang special stage (SS)1-4, Latvala mampu membuktikan kehebatan dari pengendera Yaris WRC ini. Yang mampu melampai catatan waktu dengan cepat (34:19.2) yang sukses membelakangi Thierry Neuville dan Nicolas Gilsoul yang mengendarai Hyundai i20 yang membuat terbayang-bayang karena hanya berselisih 4 detik dari pendatang baru.

Akan tetapi SS5-8 memberikan sebuah kejutan yang membuat kompetisi rally menjadi memanas meski bermain di salju. Ketika Kris Meeke yang menunggangi Citroen C3 WRCnya yang membuatnya keluar jalur dan berada dalam salju yang tertumpuk dan kembali kedalam pertandingan. Serta Juho Hanninen yang menjadi partner dari Latvala yang terpaksa keluar dari kompetisi yang disebabkan radiotor pada mobilnya rusak akibat tertabrak pohon yang berada di tikungan.

Namun nasib mengatakan hal yang lain, ketika di putaran Super Special Stage (SSS) 15,  Dimana Neuville menabrakkan sisi roda depan kirinya yang harus dari pembatas jalur yang terbuat dari semen, Yang membuat sterring colum i20 Wrcnya hancur. Yang membuat Beuvile dan Gilsoul terpaksa keluar dai pertandingan rally Swedia.

Latvala Sukses Taklukan Lintasan Bersalju di Swedia

Latvala
latvala mampu membawa toyota aris juara

Dalam kemenangan keempatnya Jari-Matti Latvala yang berlangsung di Rally Swedia, pada hari minggu malam. Dampak positif dari pengendara tersebut membawa Toyota yang sudah lama vakum selama 18 tahun lamanya dalam kejuaraan rally dunia (WRC). Kembali mendapatkan peruntungan dewi fortuna berada di podium di musim 2017 yang baru saja menajalani seri kedua.

Seperti apa yang tertulis di web resmi WRC. Latvala yang mampu memenangkan lintasan balap yang bersalju di pedalaman Swedia yang di taklukannya dengan luar biasa. Meski di hari pertama dan juga kedua, pembalap dari tim Toyota Gazoo Racing itu berhasil memenagkan tahapan khusus (SS) dengan pembalap dari tim Hyundai yang bernama Thierry Neuville dan tim yang dihandalkan M-sport Ford, Ott Tanak.

Hari terakhirnya, Latvala menunjukkan penampilan yang membuat terkejut dengan memakai mobil Toyota Yaris WRC yang berada di lintasan salju. Pembalab yang berasal dari Firlandia itu berada 29,2 detik tepat di depan Ott Tanak. Dengan adanya hasil tersebut Latvala jelas meningkat dalam peformanya di seri petama musim ini di Rally Monte Carlo, yang berada di posisi kedua.

Tampil lebih baiknya, ketika Latvala menutup aksi dalam mengendarainya penuh dengan kekuatan (power stage), yang diberikan bonus tambahan lima angka untuknya. Sekarang ini, pembalapa yang berusia 31 tahun itu telah menjadi pemimpin klasemen sementara, yang sukses menyingkirkan Sebastien Ogier (M-Sport Ford).