Meski Hujan Terus, AC Mobil pun Kudu di Rawat

ac mobil

Pada beberapa minggu ini hujan memang terus mengguyur wilayah di Indonesia. termasuk perawatan kendaraan pada musim hujan memang perlu di perperhatikan. Seperti alat pendingin udara atau yang disebut juga AC mobil.

Susanto selaku Product Manager Colkars yang terdapat di Serpong telah mengatakan, jika AC mobil pun harus dapat perawatan di musim hujan seperti saat ini. Hal yang paling utama komponen AC secara rutin. Agar AC selalu berjalan dengan semestinya.

Banyaknya orang yang tidak tahu pada umumnya dalam perawatan AC mobil pun butuh di perhatikan. Sering kali kita temui, kebiasaan orang membuka jendela ketika AC sedang hidup. Lalu merokok di dalam mobil yang dapat menyebabkan asap rokok akan terhirup dan beberapa zat yang ada didalamnya dapat menempel di bagian kisi-kisi Evaporator, yang akan memberikan dampak bau yang tidak enak.

ac mobil
merawat ac mobil dengan cara sendiri

Merawat AC Mobil, Tanpa Kebengkel Pun Bisa

Banyaknya bengkel mobil yang bisa melakukan perawatan AC mobil dengan cara menyeluruh dan memang dibutuhkan keahlian khusus, karena AC mobil adalah bagian dari sistem yang terbilang rumit.

Dengan ini saya akan memberikan bantuan untuk anda dalam merawat AC mobil sendiri, saya akan memberikan beberapa cara mudah dan sederhana.

Cara Membersihkan AC Mobil Dengan Baik dan Benar

  • Bersihkan kondersor terlebih dahulu untuk menghilangkan debunya dapat melakukan pencucian.
  • Bersihkan bagian dalam mobil anda dari debu ataupun sisa makanan serta kotoran yang ada. Yang dapat menyebabkan kotoroan akan tersedot ke evaporator yang membuat ac tidak menjadi dingin dan memberikan bau yang tak sedap.
  • Lalu pasangkan filter kabin untuk dapat menyaring debu dan kotoran suda tersedot dengan blower. Lebih baiknya filter kabin selalu di periksa secara tertatur untuk dibersihkan dan jika perlu diganti.
  • Jika mobil anda menggunakan AC extra fan, dipastikan anda memeriksa putaranya dengan rutin.
  • Ketika sedang berkendara, tidak boleh keseringan membuka kaca jendela untuk menghindari debu dan juga kotoran yang akan masuk kedalam kabin.
  • Jangan merokok di dalam mobil ketika ac dalam keadaan menyala, yang dapat menyebabkan kinerja evaporator menjadu kurang.
  • AC Mobil ingin tercium dengan enak, dapat menggunakan parfume khusus untuk mobil.
  • Pastikan untuk service AC mobil dengan teratur agar tidak mudah rusak.

Jadi seperti itulah cara perawatan AC mobil yang dapat dilakukan dengan sendiri. Yang memiliki tujuan agar AC mobil anda tidak gampang rusak dan mengeluarkan uang banyak. Pastinya anda pernah berpikir jika AC mobil rusak dan tidak dapat dipakai sama sekali, jelas perjalanan anda tidak akan terasa nyaman jika keadaan sedang panas.

AC Mobil Menimbulkan Bahaya Bagi Kesehatan

bahaya ac mobil
orang yang tidur di dalam mobil

Mungkin dari kalian pasti sudah mendengar berita tentang tewasnya seseorang yang berada di dalam mobil. Setelah di telusuri, bahwa penyebabnya bukanlah tindak kriminal ataupun murni kecelakaan lalu lintas, yang dikarenakan dari AC mobil.

Apakah kalian sudah tahu, jika air condinitioner atau yang disebut AC yang terdapat di dalam mobil tidak baik bagi kesehatan. Dengan hal itu, AC dapat memberikan suata yang bersifat fatal (kematian) babagi penggunannya yang dinyalakan dalam keadaan mobil tidak berjalan.

AC mobil merupakan salah satu yang berbahaya yang dapat membuat kesehatan seseorang tidak baik.  Apa lagi ketika mobil yang sedang diam atau ketika baru melakukan perjalanan. Yang menjadi penyebab utama bagi anda dapat keracunan.