Mencegah Membeli Mobil Bekas Terendam Banjir dan Pencurian

mobil bekas

Untuk membeli sebuah mobil bekas, tentunya akan menghemat pengeluaran anda. Akan tetapi ada beberapa kendaraan bermobil yang sudah bekas, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu riwayat mobil yang akan dibeli. Dan sekaligus tidak asal membeli mobil bekas.

Jangan sampai anda membeli mobil bekas yang sudah terendam banjir, karena memiliki banyak alasan untuk tidak membelinya. Yang memang patut harus kita hindari dalam pembelian mobil bekas yang pernah terendam oleh banjir. Maka dari itu, dengan adanya artikel ini anda dapat tahu beberapa tips agar tahu mobil bekas terendam banjir.

Menghindari Pembelian Mobil Bekas, Karena Terendam Banjir

mobil bekas
mobil bekas dengan harga murah yang terkena banjir

Untuk dapat menghindari pembelian mobil bekas terendam banjir, karena mobil yang sudah terendam oleh air banjir akan menimbulkan masalah kedepannya. Tentunya bukan masala ringan saja yang akan anda temui, meski anda bisa memperbaikinya sendiri. Tetapi masalah besar pun akan anda hadapi yang akan menguras isi dompet untuk memperbaikinya. Pada biasanya masalah akan timbul, seperti komponen listrik yang korslet, banyaknya karat, sampai masalah yang sederhana tetapi cukup sulit untuk memperbaikinya.

Bagi anda yang belum tahu, bagaimana cara mengetahui riwayat mobil bekas yang sudah terendam banjir. Yang biasanya harga mobil bekas itu sangat murah, kebanyakn orang yang ingin menjual mobil bekas karena dapat dijual dengan mudah. Biasanya pernah mengalami musibah, mobil yang pernah terendam banjir atau juga korban kecelekaan. Maka dari itu, anda jangan terlalu napsu untuk membeli mobil meski harganya murah.

Sebaiknya anda terlebih dahulu menanyakan riwayat mobil yang akan dijual itu. Bagus jika anda menemukan penjual yang jujur yang akan menceritakan riawayat mobil tersebut sebelum anda membelinya. Jika sebaliknya, yang perlu anda lakuakan adalah harus memeriksanya sendiri dan teliti agar dapat mengetahui kerusakan yang ada di dalam mobil bekas itu, apakah pernah terendam banjir atau tidak. Meski membutuhkan waktu untuk mengecek mobil yang anda inginkan.

Yang mana untuk mengeluarkan dana dalam memperbaiki mobil bekas yang pernah terendam banjir tidak main-main. Tentunya biaya yang akan anda keluarkan pun akan terasa dua kali lipat untuk bisa memeperbaiki kerusakan yang ada di mobil bekas tersebut. Biasanya komponen yang akan digantikan, pastinya harga yang begitu mahal. Misalkan, ECU yang mana untuk menggantikannya harus membutuhkan sekitar dana sebesar Rp.1.500.000 sampai dengan 4.000.000, dimana tergantung jenis mobil yang anda inginkan.

Pada biasanya biaya itu tidak termasuk kedalam penggantian sistem kelistrikan atau pun perbaikan mesin secara total. Kemungkinan untuk memperbaiki mobil bekas yang terendam banjir pun akan mengeluarkan baya dengan total mencapai puluhan juta. Dengan itu, anda harus lebih teliti untuk dapat mengetahui kondisi dari mobil bekas yang akan anda beli.

Menghindari Dalam Membeli Mobil Bekas Curian

mobil bekas pencurian
mobil bekas pencurian yang sedang di urus oleh polisi

Dalam membeli mobil bekas merupakan solusi yang terbaik bagi anda, karena memiliki bajet yang pas-pasan untuk mempunyai kendaraan pribadi. Harga yang memang terbilang murah, tetapi harus perlu ketelitian untuk bisa memilih mobil yang sesuai keinginan anda.

Bahayanya, jika anda membeli mobil bekas yang merupakan mobil dari sebuah pencurian. Maka dari itu, jangan kita tertipu dalam pembelian mobil bekasa, apalagi hasilnya dari mencuri. Dan tentunya, kita akan terjebak dalam masalah pidana karena membeli mobil bekas namun dengan harga murah, tanpa mengetahui riwayat dan sejarah dari mobil tersebut.

Patut yang harus anda ketahui, jika membeli mobil bekas pencurian yang memang sengaja dilakukan. Maka kita pun akan di tindak pidana, karena jika mnembeli atau menerima barang dari hasil kejahatan. Hal itu akan dianggapnya berkerjasama dalam pencurian tersebut atau sebagai penadah.