Bocor! Ini Rahasia Stamina Kuat Pemain Uruguay!

Sebagai orang Uruguay, Cavani terbiasa mengkonsumsi nasi merah

Stamina kuat merupakan salah satu syarat utama seorang pemain sepakbola profesional. Hal ini dikarenakan konsep permainan sepakbola yang meuntut para pemainnya untuk terus aktif bergerak selama 90 menit pertandingan. Penting bagi para pemain sepakbola memiliki stamina yang prima, sebab persaingan di insdustri sepakbola sangatlah ketat. Akan sia-sia jika seorang pemain berskill tinggi namun tidak memiliki stamina yang bagus untuk bermain penuh.

Konsumsi nasi merah bantu tingkatkan stamina pemain Uruguay
Konsumsi nasi merah bantu tingkatkan stamina pemain Uruguay

Hal ini karena untuk bisa bermain secara maksimal dalam sebuah pertandingan dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang penuh. Jika stamina seorang pemain drop di tengah pertandingan, maka bisa dipastikan pemain tersebut akan kehilangan kontrol akan skill bermain bola yang dimilikinya tersebut. Oleh karena itu, latihan meningkatkan stamina mendapat perhatian khusus di setiap klub sepakbola profesional. Selain latihan, asupan nutrisi juga sangat penting untuk meningkatkan stamina pemain.

Sebuah tim sangat memperhatikan pola makan para pemainnya. Seperti yang dilakukan oleh Edinson Cavani dan kawan-kawan di tim nasional Uruguay, dimana para pemainnya memiliki stamina yang sangat baik. Ternyata kuatnya stamina para pemain Uruguay ini disebabkan oleh kebiasaan mereka mengkonsumsi nasi merah. Jenis nasi yang satu ini memang terbukti lebih sehat untuk dikonsumsi, khususnya bagi para atlet. Namun rasa dan tekstur nasi merah ini jarang disukai oleh kebanyakan orang jika dibandingkan dengan nasi putih biasa.

Mitos Atau Fakta? Rasa Nasi Merah Tidak Senikmat Nasi Putih

Nasi merah kerap kali disarankan bagi orang yang membutuhkan asupan karbohidrat alternatif selain nasi putih, roti, dan lainnya. Biasanya nasi merah sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki kadar gula, lemak dan kolestrol darah yang tinggi. Hal ini dikarenakan nasi merah memiliki nutrisi yang lebih baik dan lebih banyak jika dibandingkan sumber karrbohidrat lain seperti roti, jagung atau bahkan nasi putih.

Sebagai orang Uruguay, Cavani terbiasa mengkonsumsi nasi merah
Sebagai orang Uruguay, Cavani terbiasa mengkonsumsi nasi merah

Penyebab nasi merah bisa memiliki nutrisi yang lebih banyak karena dari butiran berasnya sendiri nasi merah masih memiliki kulit ari yang menempel. Kulit ari ini lah yang membuat nasi merah mengandung serat lebih banyak dibandingkan dengan nasi putih. Selain itu kebanyakan beras merah biasanya tidak disemprot pestisida, sehingga otomatis lebih terbebas dari kandungan zat kimia.

Untuk kandungan nutrisinya sendiri, selain serat nasi merah juga mengandung asam lemak esensial, Vitamin B dan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Akan tetapi banyak yang mengatakan bahwa nasi merah rasanya tidak lebih enak jika dibandingkan nasi putih biasa. Mungkin hal tersebut benar adanya, akan tetapi rupanya ada cara untuk membuat nasi merah terasa lebih enak untuk dimakan.

Resep Memasak Nasi Merah Supaya Tidak Hambar dan Lebih Nikmat

Jika kita biasa memasak nasi dengan menggunakan rice cooker, maka untuk nasi merah kali ini ada baiknya kita kembali ke metode tradisional. Gunakan panci dan alat pengukus nasi tradisional untuk mendapatkan cita rasa yang lebih nikmat dari nasi merah. Bahannya sendiri mudah, cukup beras merah, beras putih daun pandan, daun salam dan yang pasti air.

Cara membuat nasi merah terasa lebih enak
Cara membuat nasi merah terasa lebih enak

Caranya sendiri yaitu tinggal memasak semua bahan (beras, pandan, salam dan air) ke dalam panci dan rebus sambil diaduk menggunakan api sedang. Masak sampai setengah matang serta air dan aroma daun pandan dan daun salam meresap ke beras. Setelah beras sudah setengah matang (aron), matikan api lalu taruh beras ke dalam pengukus.

Kukus nasi aron tersebut hingga tanak selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang. Dengan begini dipastikan nasi merah pun terasa jauh lebih wangi dan nikmat. Dan dengan rajin mengkonsumsi nasi merah ini, membuat stamina kita tidak kalah dengan stamina Edinson Cavani dan kawan-kawan di timnas Uruguay.